Astagfirullah ... !!! Gagal Mendapatkan Pahala Dan Ampunan Dari Allah Ketika Bulan Ramadhan. Inilah 4 Penyebabnya

Sahabat dakwah Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kepada Allah Swt yang telah mempertemukan sahabat dakwah dengan bulan suci ramadhan. Banyak orang berlomba-lomba dalam kebaikan agar mendapat berkahnya ramadhan dan mendapatkan pahal yang berlipat gandak pada bulan yang mulia ini. Bulan suci Ramadhan juga menjadi bulan istimewa bagi umat Islam. Mengapa demikian? Sebab pada waktu ini Allah SWT membuka pintu ampunan selebar-lebarnya. Ada begitu banyak amalan yang bisa mendatangkan ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan umat manusia.



Maka dari itu, banyak orang yang kemudian berlomba-lomba untuk mengerjakan amalan kebaikan di bulan Ramadhan dengan harapan akan memperoleh ampunan dari Allah. Mereka tidak menyia-nyiakan kesempatan ini agar pundi-pundi pahala bertambah serta dosanya berkurang atau diampuni oleh Allah. Namun, tidak semua orang berhasil menggugurkan dosanya di bulan suci ini. Masih banyak di antara mereka yang gagal meraih ampunan dari Allah SWT. Ternyata hal inilah dapat terjadi disebabkan berbagai sebab. Apa saja penyebabnya? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Puasa Tanpa Dasar Ikhlas

Penyebab yang pertama ialah yang membuat seseorang gagal untuk meraih ampunan dari Allah SWT selama bulan suci Ramadhan disebabkan mereka melaksanakan puasa tanpa dasar ikhlas. Padahal seperti yang diketahui bahwa ketika kita melaksanakan amalan kebaikan haruslah didasari keikhlasan untuk mengharapkan ridha dari Allah SWT.

Apabila Ia berpuasa namun tanpa keikhlasan untuk mengharap ridha dari Allah maka akan mudah baginya terjerumus ke dalam sifat riya’. Contoh ketidakikhlasan dalam melaksanakan puasa juga dapat dilihat dari niatnya. Ada orang yang ingin melaksanakan puasa agar badannya sehat, untuk diet dan lain sebagainya. Niatan yang seperti ini akan membuat Allah SWT menolak amalan yang dilakukan orang tersebut karena bukan atas dasar keikhlasan kepada-Nya.

2. Puasa Tanpa Dasar Ilmu

Penyebab yang kedua yang juga dapat menyebabkan seseorang gagal mendapatkan ampunan dari Allah saat bulan suci yaitu mereka berpuasa tanpa dasar ilmu. Padahal sebenarnya ilmu menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat hendak melaksanakan suatu amalan.

Apabila melakukan sesuatu tanpa didasari ilmu, dapat saja hal yang kita anggap benar justru adalah kesalahan yang fatal di hadapan Allah SWT. Ada banyak tempat yang dapat dijadikan wadah untuk menuntut ilmu, seperti sekolah, majelis taklim, buku-buku keagamaan dan lain sebagainya. Apabila kita telah mengetahui ilmunya maka akan mudah untuk mendapatkan ampunan sebanyak-banyaknya dari Allah SWT.

3. Puasa Lahir Minus Puasa Batin

Penyebab yang ketiga yakni yang membuat seseorang gagal memperoleh ampunan dari Allah SWT di bulan Ramadhan ialah sebab mereka hanya puasa secara lahir namun batinnya tidak. Artinya mereka berpuasa hanya sekedar menahan diri dari makan, minum, dan berhubungan badan. Akan tetapi mereka tidak mempuasakan anggota tubuh lainnya dan membiarkannya tetap melakukan perbuatan yang bernilai maksiat.

Seseorang yang hendak mempuasakan batinnya juga harus menahan pandangan, pendengaran, ucapan yang tidak bermanfaat. Seperti menyaksikan acara televisi yang berisi program-progam tidak mendidik, mendengarkan gosip dan lain sebagainya yang bisa mengurangi pahala puasa.

4. Puasa Dengan Bermalas-Malasan

Penyebab yang terakhir yaitu banyak orang yang bermalas-malasan saat sedang melaksanakan ibadah puasa. Mereka menjadikan puasa sebagai waktu yang tepat untuk berleha-leha, lesu, dan tidak bersemangat. Sebenarnya kebiasaan seperti ini justru menyebabkan dirinya akan mengalami kegagalan untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Seperti yang diketahui bahwasaya bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk meraup keberkahan dari Allah Swt. Seharusnya, moment seperti ini menjadi saat yang tepat agar kita termotivasi untuk mengais rahmat ampunan dan janji-janji Allah lainnya.
Dengan memperbanyak amalan kebaikan seperti tilawah Al-Qur’an, tarawih, bersedekah dan menolong orang lain saat berpuasa. Dengan demikian akan membuat puasa yang kita laksanakan lebih terasa berkah.
Itulah penjelasan tentang 4 penyebab gagalnya meraih ampunan dan pahala dari Allah saat bulan suci ramadhan. Semoga kita semua tidak seperti orang-orang diatas dan selalu dilindungi Allah dalam kebaikan. Aamiin.



Sumber:Tausiah-pedia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Astagfirullah ... !!! Gagal Mendapatkan Pahala Dan Ampunan Dari Allah Ketika Bulan Ramadhan. Inilah 4 Penyebabnya "

Post a Comment