MOHON SEBARKAN JANGANLAH USIR ANAK-ANAK DARI MASJID..!!! BERIKUT YANG DI AJARKAN RASULULLAH..

Jangan Usir Anak-Anak Dari Masjid, Inilah yang Diajarkan Rasulullah ...



Banyak pengurus masjid tidak sabar hadapi anak-anak kecil yang lalu-lalang keberadaannya di masjid. Banyak di antara mereka jadi mengusir mereka keluar masjid, atau meletakkan di shaf paling belakang agar tidak mengganggu jamaah yang lain.

Walau sebenarnya, nabi kita Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassallam jadi berhubungan dengan anak-anak di masjid saat shalat. Perlakuan Rasulullah ini begitu berbeda jauh dengan fakta yang dikerjakan oleh sebahagian oknum Muslim pada anak-anak yang sukai bermain di masjid.

Itu sebagian masalah perlakuan yang dikerjakan oleh Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam pada anak-anak di masjid. Tulisan ini diambil dari Judul Asli طرد الأطفال من المسجد بحجة التشويش على المصلين dari laman https :// ar. islamway. net yang ditranslate Kivlein Muhammad.

Tulisan ini diinginkan sebagai pelajaran, agar kita dapat meneladani baginda Nabi Shalallahu ‘Alaihi Wassallam.

Janganlah Usir Anak-Anak Dari Masjid, Berikut yang Di ajarkan Rasulullah :

Pertama

Kawan baik Nabi yang bernama Syaddad ra meriwayatkan, bila Rasulullah datang – ke masjid- ingin shalat Isya atau Zuhur atau Asar sembari membawa -salah satu cucunya- Hasan atau Husein, lalu Nabi maju kedepan untuk mengimami shalat dan menempatkan cucunya di sebelahnya, lantas nabi mengangkat takbiratul ihram mengawali shalat.

Saat sujud, Nabi sujudnya begitu lama dan tidak umumnya, jadi saya diam-diam mengangkat kepala saya untuk lihat apa kiranya yang berjalan, dan benar saja, saya lihat cucu nabi tengah menunggangi belakang nabi yang tengah bersujud, sesudah lihat peristiwa itu saya kembali sujud berbarengan makmum yang lain. Saat usai shalat, beberapa orang ribet ajukan pertanyaan, “wahai Rasulullah, baginda sujud demikian lama sekali tadi, sampai kami pernah menduga telah berlangsung apa-apa atau baginda tengah terima wahyu”. Rasulullah menjawab, “tidak, berlangsung apa-apa, hanya tadi cucuku mengendaraiku, dan saya tidak ingin memburu-burunya hingga dia merampungkan mainnya dengan sendirinya. ” (HR : Nasa’i dan Hakim)

عن شداد رضي الله عنه قال : خرج علينا رسول الله صلى الله عليه وسلم في إحدى صلاتي العشي الظهر أو العصر وهو حامل حسناً أو حسيناً، فتقدم النبي صلى الله عليه وسلم فوضعه عند قدمه ثم كبر للصلاة، فصلى، فسجد سجدة أطالها!! قال : فرفعت رأسي من بين الناس، فإذا الصبي على ظهر رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو ساجد! فرجعت إلى سجودي، فلما قضى رسول الله صلى الله عليه وسلم الصلاة، قال الناس : يا رسول الله إنك سجدت سجدة أطلتها حتى ظننا أنه قد حدث أمر أو أنه يوحى إليك؟ قال : “كل ذلك لم يكن، ولكن ابني ارتحلني، فكرهت أن أعجله حتى يقضي حاجته” (رواه النسائي والحاكم وصححه ووافقه الذهبي)

Kedua

Abdullah Bin Buraidah meriwayatkan dari ayahandanya : Rasulullah tengah berkhutbah -di mimbar masjid- lalu -kedua cucunya- Hasan dan Husein datang -bermain-main ke masjid- dengan memakai baju kembar merah dan jalan dengan sempoyongan jatuh bangun- karena memanglah masihlah bayi-, lantas Rasulullah turun dari mimbar masjid dan mengambil ke-2 cucunya itu dan membawanya naik ke mimbar kembali, lalu Rasulullah berkata, “Maha
Benar Allah, bila harta dan anak-anak itu yaitu fitnah, bila sudah lihat ke-2 cucuku ini saya tidak bisa sabar. ” Lalu Rasulullah kembali meneruskan khutbahnya. (HR : Abu Daud)

وعن عبد الله بن بريدة عن أبيه رضي الله عنه قال : خطبنا رسول الله صلى الله عليه وسلم، فأقبل الحسن والحسين رضي الله عنهما عليهما قميصان أحمران يعثران ويقومان، فنزل فأخذهما فصعد بهما المنبر، ثم قال : “صدق الله، إنما أموالكم وأولادكم فتنة، رأيت هذين فلم أصبر”، ثم أخذ في الخطبة (رواه أبو داود).


Ketiga

Dalam Hadis lain dikisahkan, bila Rasulullah shalat, jika beliau sujud jadi Hasan dan Husein bermain menaiki belakang Rasulullah. Lalu, apabila ada beberapa teman dekat yang menginginkan melarang Hasan-Husein jadi Rasulullah berikan isyarat untuk biarkan, dan bila sesudah usai shalat rasulullah memangku ke-2 cucunya itu. (HR : Ibnu Khuzaimah)

وفي حديث آخر : كان الرسول صلى الله عليه وسلم يصلي، فإذا سجد وثب الحسن والحسين على ظهره، فإذا منعوهما أشار إليهم أن دعوهما، فلما قضى الصلاة وضعهما في حجره (رواه ابن خزيمة في صحيحه).

Ke empat

Abu Qatadah ra menyampaikan : “Saya lihat Rasulullah saw menanggung cucu perempuannya yang bernama Umamah putrinya Zainab di pundaknya, bila beliau shalat jadi saat rukuk Rasulullah menempatkan Umamah di lantai dan bila telah kembali berdiri dari sujud jadi Rasulullah kembali menanggung Umamah. ” (HR. Bukhari & Muslim)

وقال أبو قتادة رضي الله عنه : رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم وأمامة بنت العاص -ابنة زينب بنت الرسول صلى الله عليه وسلم- على عاتقه، فإذا ركع وضعها وإذا رفع من السجود أعادها (رواه البخاري ومسلم).

Kelima

pada Cerita Lain Dari Abu Qatadah, menyampaikan “……… saat rukuk Rasulullah menempatkan Umamah di lantai dan bila telah kembali berdiri dari sujud jadi Rasulullah kembali memikul Umamah. Dan Rasulullah selalu lakukan hal semacam itu pada tiap-tiap rakaatnya sampai beliu selesai shalat. ” (HR : Nasa’i)

وفي رواية أخرى عن أبي قتادة رضي الله عنه قال : بينما نحن جلوس في المسجد إذ خرج علينا رسول الله صلى الله عليه وسلم يحمل أمامة بنت أبي العاص بن الربيع -وأمها زينب بنت رسول الله صلى الله عليه وسلم- وهي صبية يحملها، فصلى رسول الله صلى الله عليه وسلم وهي على عاتقه يضعها إذا ركع ويعيدها إذا قام، حتى قضى صلاته يفعل ذلك بها (رواه النسائي).

Keenam

dalam hadis yang lain Rasulullah berkata, “Kalau tengah shalat, kadang-kadang saya menginginkan shalatnya agak panjang, tetapi bila sudah dengarkan tangis anak kecil -yang dibawa ibunya ke masjid- jadi sayapun menyingkat shalat saya, karena saya tau begitu ibunya tidak enak hati dengan tangisan anaknya itu. ” (HR : Bukhari Dan Muslim)

وفي حديث آخر : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : “إني لأدخل في الصلاة وأنا أريد إطالتها فأسمع بكاء الصبي فأتجوّز في صلاتي مما أعلم من شدة وجد أمه من بكائه” (رواه البخاري ومسلم).

Ketujuh

Anas meriwayatkan, “Pernah Rasulullah shalat, lalu beliau mendengar tangis bayi yang dibawa serta ibunya shalat ke masjid, jadi Rasulullah juga mempersingkat shalatnya dengan hanya membaca.

sumber : http://www.artikelinformasiterbaru.com/2016/06/janganlah-usir-anak-anak-dari-masjid.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MOHON SEBARKAN JANGANLAH USIR ANAK-ANAK DARI MASJID..!!! BERIKUT YANG DI AJARKAN RASULULLAH.."

Post a Comment