KOK BISA!!! 6 Kebiasaan Buruk Ini Sebelum Olahraga


Rajin berolahraga sangat berpengaruh dalam memperbaiki dan mempertahanlan kesehatan. Namun tidak jika Anda masih melakukan sejumlah kebiasaan buruk, seperti merokok atau mengonsumsi makanan siap saji. Selain tindakan yang sudah pasti tidak sehat seperti itu, ada beberapa kebiasaan lain yang bisa sedikit menggangu sesi latihan. Kebiasaan-kebiasaan tersebut sering dilakukan sebelum olahraga dan tanpa disadari kurang bermanfaat bagi rutinitas olahraga Anda. Berikut enam daftarnya:

1. Kebanyakan Minum Air
Mengisi cairan tubuh sebelum mengeluarkannya lewat keringat memang tidak salah. Namun pastikan jika Anda tidak minum terlalu banyak hingga bergelas-gelas sebelum olahraga. Menurut Amanda Foti selaku seorang dietitian, cairan tersebut bisa menumpuk di perut dan menyebabkan mual dan kram. JIka hal itu terjadi Anda bisa mengurangi sesi olahraga sehingga latihan tak berjalan maksimal. Agar tak dehidrasi, disarankan untuk minum beberapa tegukan saja sebelum latihan.

2. Makan Tidak Tepat
Kemudian hindari pula berolahraga dengan perut kosong. Amanda menyarankan yogurt, granola bar rendah serat, atau roti gandum panggang untuk dikonsumi 20 menit hingga 30 menit sebelum latihan. Makanan-makanan itu bisa membantu membakar lemak. Anda pun dapat makan beberapa buah sebagai snack semalam sebelum olahraga.

Namun pastikan jika Anda juga tak terlalu banyak makan. Hal tersebut dapat menguras energi tubuh sehingga Anda mudah kelelahan dan merasa mual ketika tengah latihan. Jika Anda biasa olahraga saat malam, dianjurkan untuk melakukannya sebelum makan malam.

3. Kurang Tidur
Kualitas tidur juga berpengaruh terhadap efektivitas olahraga. Kelvin Gary selaku pemilik Body Space Fitness mengatakan jika kurang tidur dapat membuat tubuh bekerja ekstra keras. Hal tersebut juga bisa mengurangi keseimbangan, fokus, kemampuan tubuh membakar lemak. Cukup merugikan, bukan?

4. Tak Mengurangi Kopi
Menyeruput segelas kopi sebelum olahraga memang bisa memompa energi sehingga Anda dapat latihan lebih lama bahkan keras. Namun pastikan untuk tak mengonsumsinya terlalu banyak. Kebiasaan itu dapat menyebabkan sejumlah gangguan pencernaan pada beberapa orang, seperti sakit perut atau ingin buang air kecil di tengah-tengah olahraga.

5. Makan Sereal Tinggi Serat
Mengapa tidak disarankan makan sereal tinggi serat sebelum latihan? Ternyata santapan tinggi serat sulit dicerna menjadi energi. Menurut Amanda, makan banyak serat juga bisa menyebabkan pembengkakan dan timbulnya banyak gas sehingga membuat latihan tak nyaman. Jika harus mengonsumsi hidangan berserat, makanlah dua atau tiga jam sebelumnya.  

6. Minuman Protein
Minuman protein terdengar cocok dikonsumsi sebelum olahraga. Sayangnya minuman itu tidak terlalu membantu Anda saat sesi latihan. Amanda mengatakan protein shake butuh waktu terlalu lama untuk diproses. Agar aman, pastikan saja jika makanan Anda sebelum latihan mengandung cukup banyak karbohidrat dan tidak ada lebih dari 20 gram protein.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KOK BISA!!! 6 Kebiasaan Buruk Ini Sebelum Olahraga"

Post a Comment