Benarkah Telivisi & Komputer Menghambat Komunikasi Anak?


Semua orang suka menonton televisi, baik orang dewasa maupun anak-anak. Namun apakah anda tahu ternyata untuk anak-anak yang terlalu sering menonton televisi dapat menghambat komunikasinya? Mengapa demikian?

Sebuah penelitian yang telah dilakukan di Inggris menemukan fakta bahwa anak yang terlalu sering menghabiskan waktu di depan televisi atau komputer beresiko mengalami hambatan komunikasi. Menurut informasi yang dikutip dari laman DailyMail, penelitian ini telah berhasil mengadakan survei dengan 6.000 orang termasuk 3.000 orangtua di Inggris.

Ternyata satu dari orang tua berasumsi bahwa terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar mampu menghambat komunikasi anak-anak. Bahkan, di Inggris masalah ini telah menganggu perkembangan komunikasi sedikitnya satu juta anak. 51 persen responden juga berpikir bahwa anak-anak yang terlalu sering menyaksikan acara televisi susah untuk mencerna atau memahami bahasa di sekitarnya (untuk anak yang baru belajar berbicara). Sedangkan, untuk 16 persen orang dewasa dan 17 persen orang tua juga percaya bahwa ini menjadi penyebab utama kesulitan dalam berbicara dan menghambat kebutuhan komunikasi anak.

Walaupun pada dasarnya, proses komunikasi juga dihubungkan dengan kognitif si anak. Namun, lingkungan nyatanya berperan besar dalam membentuk dan membantu anak untuk menguasai bahasa yang ada di sekitarnya. Memang ada beberapa kasus seperti yang dikatakan Jean Gross seorang pakar komunikasi Inggris bahwa ada sekitar 10 persen anak yang mengalami gangguan bahasa disebabkan faktor kognitif atau biologis. Biasanya hal ini disebabkan oleh masalah hambatan berbicara atau adanya masalah pendengaran sejak kecil.

Penelitian terpisah juga mengungkapkan bahwa anak-anak yang kerap mengalami masalah komunikasi berangkat dari adanya kebisingan akibat lingkungan sekitar. Misalnya siaran televisi yang volumenya terlalu besar, ditambah lagi dengan keriuhan suasana rumah semakin menghambat kemampuan bahasa anak-anak.

Menonton televisi atau belajar di depan komputer tidak selamanya dipandang negatif, sebab secara tidak langsung melatih imajinasi anak. Namun, untuk anda para orang tua usahakan mengontrol anak anda untuk tidak terlalu lama berada di depan alat elekronik ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Telivisi & Komputer Menghambat Komunikasi Anak?"

Post a Comment